Barongko Legit Saat Digigit



Barongko ala ResepDapurAyah
Foto: Dok. ResepDapurAyah
Bicara makanan Indonesia sangat beragam dan tak akan pernah ada habisnya. Betapa tidak, makanan yang biasa-biasa saja pun dapat diolah jadi makanan luar biasa. Ditambah lagi banyak peminatnya. Jika mengulik makanan khas Indonesia dari Sabang hingga Merauke, mungkin perut ini gak akan ada kenyang-kenyangnya. Ditambah lagi, apa saja yang “dilempar” di tanah Indonesia bisa tumbuh.

Tanah yang subur dengan beragam tanaman inilah yang buat nama Indonesia semakin melambung. Salah satu tanaman itu adalah pisang. Pisang Indonesia cukup berkualitas dengan banyak pilihan, baik untuk diolah atau sekadar sebagai “pisang meja”.  Pisang, selama ini jadi makanan favorit dengan cara digoreng, biasa disebut pisang goreng. Kalau direbus, orang biasa sebut pisang rebus.

Pisang yang diolah dengan sebutan bukan pisang kini hadir di @resepdapurayah. Ayah mau berbagi untuk jenis makanan itu. Namanya Barongko. Barongko ini salah satu makanan khas dari Sulawesi juga, tepatnya dari Sulawesi Selatan. Bahan-bahannya cukup mudah dan banyak dijual di pasaran. Rasanya enak dan tak cukup satu untuk dimakan lagi.  Resep Dapur Ayah mengolahnya dengan cara ayah.


Resep Barongko
Bahan
1 sisir pisang kepok matang (blender halus)
2 butir telur kocok lepas
250 gr gula pasir
1 sdt garam
250 ml santan kelapa
Daun pisang untuk membungkus
Biting lidi secukupnya
Dandang untuk mengukus

Cara buat
1.    Jerang kukusan di atas kompor hingga air mendidih
2.    Tambahkan telur, santan, gula, garam, ke dalam pisang yang sudah diblender
3.    Aduk-aduk hingga merata
4.    Ambil daun pisang, masukkan dua sendok adonan
5.    Rekatkan daun pisang dengan biting lidi
6.    Kukus adonan sekitar 20 menit
7.    Angkat, sajikan. Barongko dapat dinikmati baik hangat maupun dingin

Ayah pasti bisa kok buatnya, simpel dan mudah kan, anak-anak Ayah pasti suka. Selamat mencoba Ayah.


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

4 comments:

  1. wui makasi resepnya kak. semoga bisa di coba coba buat

    ReplyDelete
  2. Waaah, bunda yg sangat suka makan ketimus singkong, pasti nih bakal suka bngt sama BARONGKO ini.Huum,yummy, jd pengen cepetan kepasar cari bahan2nya dan bikin barongko ala resepdapurayah. Last but not least: Apa kabar, Joe?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii... Bunda Yati... waah waah... ayooo buruan ke pasar mumpung harga belum naik. Hahahaahh... kalo udah naik mahal buuuun hahahahah. Alhamdulillah saya sehat bunda Yati, doa yang sama untuk bunda yati yaa.. Oya, nantikan resep-resep selanjutnya di dapur ayah ya buun. Jangan lupa follow IG @resepdapurayah yah bun.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Sila tinggalkan komentar Anda jika berkenan. Terima kasih.