Kentang Telur Panggang Buru-Buru


Kentang Telur Panggang Buru-Buru ala ResepDapurAyah
Foto: Dok. ResepDapurAyah

Waduuh... tak biasanya Si Abang mengajak saya bercerita hingga larut malam. Padahal, pagi-pagi dia harus berangkat ke sekolah. Entah kenapa, saya juga enjoy dan asyik aja gitu ngeladenin Si Abang bercerita. Si Abang mulai banyak ngobrol, entah itu aktivitas sekolahnya, pelajaran yang didapat, hingga ulah-ulah jahilnya (ssssttt... yang ini jangan dicontoh ya...) pun di ceritain. 



Suatu ketika Si Abang bercerita tentang teman barunya yang satu kelas. Dia bilang ke saya, "Pak, tadi di sekolah Abang dateng teman baru. Lucu deh yah, rambutnya keriting, mirip bulu domba". Whaaaat??? "Abang bilang rambutnya kayak rambut domba?" ucap saya. Si Abang senyum kecut aja saat saya setengah berteriak.

Terus, Si Abang pun menceritakan apa yang dia gambar di sekolahnya saat pelajaran menggambar dan mewarnai. "Pak, tadi kan di sekolah Abang disuruh gambar sama teacher-nya. Yaaa... Abang sih gambar apa aja. Gambarnya suka-suka."
Saya tanya, "Abang gambar apa?"  
Di jawab, "Abang gambar alam ghaib?" 
"Gambar alam ghaib itu seperti apa?" tanya saya lagi.
"Warna item semua pak!" 
Hadeeeeeh... "Ini Si Abang bercanda sama bapaknya atau memang usil ya", saya pikir.

Eeh ga kerasa jam udah di angka satu dini hari. Tidurlah saya dan Si Abang dengan pulasnya, sambil minta dihitungin dari satu sampe seribu. Ampuuuuunnn!! 

Daaaaan.... 

Mungkin ini efek ngobrol sampai larut malam, bangun-bangun udah menunjukkan pukul enam pagi kurang dikit. Padahal, saya itu setiap hari bangun di pukul empat pagi. Tapi ini memang beda bangunnya. Me time yang almost perfect dengan Si Abang. Gubrak-gubraklah saya ke sana ke mari masih pake sarung, yang jelas, selain pake sarung saya juga pake celana pendeklah pastinya. Jalan udah ga fokus. Kesandung emberlah, sapulah, periuk jatuhlah... Pokoknya lengkap penderitaan bangun kesiangan. 

Karena saya membiasakan diri buat sarapan, cari-cari bahan yang simpel, mudah, dan cepat di masak. Kebetulan banget di kulkas masih  ada daging asap, susu cair, kentang yang sudah saya kukus, wortel, daun bawang, dan seledri yang juga sudah saya iris-iris sehari sebelumnya. Masih ada telur 5 butir yang tersisa di keranjang telur.

Mau buat apa ini dengan sisa waktu yang tinggal 30 menit ke depan. Argggghhh.... 
Tanpa pikir panjang, lima butir telor saya kocok dengan garam satu sendok teh dan setengah sendok teh lada, masukkan susu cair 350 mililiter sedikit demi sedikit. Wortel yang sudah saya potong dadu sebelumnya saya rebus sebentar, lalu saya campurkan ke kocokan telur, begitu pula daun bawang, seledri, irisan kentang, dan daging asap. Saya aduk jadi satu. 

Jumpalitan nyari oven... eeh nangkring di bawah rak piring. Tak berapa lama  untuk memanaskannya. Saya tuanglah adonan ke wadah aluminium foil ukuran sedang dan Kentang Telur Panggang ini siap masuk oven. Tak berapa lama (sekitar 20 menit) kentang telur panggang ini matang dan siap disajikan untuk sarapan Si Abang ke sekolah. 

Memang beruntunglah saya, di zaman serba digital dan semakin maju ini belanja apa saja tak perlu ribet (baca susah). Belanjaan untuk sarapan itu dengan mudah saya peroleh dari aplikasi belanja honestbee. Bahan-bahan kebutuhan makanan, minuman, dan pokok lainnya, ada di sana. Sekali sentuh, bahan-bahan yang saya perlukan tercantum semua. 

Tinggal pilih apa yang mau dibeli. Dengan sekali sentuhan saja, saya dapat belanja banyak. Honestbee memberikan kemudahan untuk siapa saja yang berbelanja secara daring (online). Banyak kemudahan dan keuntungan diberikan honestbee untuk saya, antara lain, hemat waktu, tak perlu antri, ada assistant shopper profesional yang membantu membelikan belanjaan saya, diantar dengan kurir yang sudah terlatih dan tepat waktu.

Saya pun bisa memilih waktu pengantarannya. Mau pukul berapa tinggal klik saja. Selain itu, device (peralatan) telepon pintar saya tidak berat kalau saya sedang buka aplikasi lain. Enaknya lagi, jumlah harga belanjaan tercantum seluruhnya. Apabila barang yang saya pesan tidak ada, assistant shopper akan memberikan notifikasi melalui pesan singkat, dan juga langsung menelepon saya.

Dengan honestbee, saya bebas belanja, bebas melakukan aktivitas di mana saja tanpa diburu waktu. 

Kentang Telur Panggang Buru-Buru

Bahan
5 butir telur
1 sdt garam
½ sdt lada
Kentang 3 buah (kupas-kukus potong tipis)
Wortel 2 buah (kupas- potong dadu kecil, rebus 3 menit)
Seledri 2 batang (iris kecil)
Daun bawang 2 batang (iris kecil)
Keju parut secukupnya
Daging asap 5 lembar (potong sesuai selera)
Wadah aluminium foil ukuran sedang

Cara buat
1.    Kocok lepas telur, masukkan lada dan garam sembari dikocok pelan
2.    Tuang susu cair dan aduk rata
3.    Masukkan semua bahan dan aduk rata
4.    Tuang bahan ke aluminium foil hingga habis
5.    Panggang selama 25 menit
6.    Kentang Telur Panggang siap disajikan

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

14 comments:

  1. Ga punya oven. Kalau dikukus aja gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga apa2- bisa kok, malah lebih lembut dan creamy. Selamat mencoba yaaa

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. aaah.. aku ngiler pake bangeeet. Kapan-kapan aku dibagi ya :D
    Btw, aku juga jatuh cinta sama Honestbee. Happy banget, bikin aku hemat waktu :)

    ReplyDelete
  5. Kalo resep kayak gini emaknya dibilang mudah... Ckckck

    ReplyDelete
  6. Aku pernah mencoba mba Tapi masih pakai sosis. Kalo nggak salah, namanya baked potatoes. Mau nyoba resep yag ini juga ahh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake sosis, bisa pake ayam, kornet, daging yang di-slice tipis.

      Delete
  7. Halo...Chef Jun... slm kenal yach. Oleh juga nih aku coba bikin resepnya...buat weekend aja biar sekaligus bnyk disantap sambil nonton tv n leyeh2 d rumh. Tks ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah iya Mba... bener banget, bahagiin keluarga itu simpel sebenernya. Kenyangkan perutnya dan beri perhatian mereka. Life is so simple and beautiful kaaan.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Sila tinggalkan komentar Anda jika berkenan. Terima kasih.