Teh Tarik Kemesraan



Teh Tarik Kemesraan ala Resep Dapur Ayah
Foto: Dok. Resep Dapur Ayah
Waaaah waaaah waaaah... ga kebayang sudah efek bangun kesiangan. Kesandung sana sini perabotan rumah. Mulai kesandung emberlah, periuk, sapu, cangkir, sampe sendok garpu berhamburan. Mau ngambil pisau keambil talenan. Hadeeh... mumet kepala! 

Mau minum keambil minyak, masih enak minyak yang baru, lhaa ini minyak jelantah habis goreng ikan asin. Alamaaak... Ga lagi-lagi deh kalo begini caranya. Ini nih saking enaknya diajak cerita sama Si Abang yang bapaknya sendiri excited dengerin dia  ngoceh dari pukul sepulu malam hingga pukul satu dini hari.

Jarang-jarang juga dia mau tidur sama bapaknya, bahkan bilang, "Bapak, Abang  mau tidur di temenin sama bapak". Haduuuh, gimana gitu rasanya. Langsung nyeeessss. Bukannya tidur, malah ngajak bapaknya cerita. Biasanya bapaknya yang dongengin,  eeh ini kebalik,  malah dia yang dongengin bapaknya.

Alhasil, terjadilah  obrolan seru dan juga "koplak" ala bapak sama anak.

Abang: "Pak, tadi kan Abang dapet pengumuman dari sekolah".
Bapak: "Pengumuman apa bang, memang abang menang lomba gitu?"
Abang: "Iya, pak. Abang menang lomba cerita".
Bapak: "Wah, hebat dong abang, bangga deh bapak sama abang".
Abang: "Hebat apanya pak?!"
Bapak: "Ya, hebat dong udah bisa menang lomba. Ngomong-ngomong hadiahnya sudah diambil belum?"
Abang: "Belum pak".
Bapak: "Lhoooo... kok belum?"
Abang: "Yaaah gimana mau diambil pak. Masa pemenang suruh ngambil hadiahnya ke Papua. Yang bener aja deh pak".
Bapak: '//''''''/////??////??/?88888****

Aaggh... ini Si Abang ada-ada aja. Malam larut menjelang pun dia masih sempat-sempatnya becanda sama bapaknya. Memang sih, ditambah lagi hujan mengguyur dari sore yang tak kunjung reda. Semakin asyik aja saya sama Abang ngobrol. Ini anak ternyata demen cerita. 

Si Abang (saya biasa panggil anak pertama saya yang laki-laki dengan sebutan ini) masih nyungsep di "Pulau Kapuk". Sementara, saya perhatiin di sekitaran bantal udah kebentuk aja tuh Danau Toba sama Pulau Samosir. Hadeeeh, ini anak, tidur mulutnya ngaga. Gimana kalo laler apa kecoak masuk yaaa... 

Sementara Si Abang masih tidur, saya justru bangun pagi ini berbeda dari biasanya. Dingin-dingin begini, pengen rasanya buat minuman yang bisa menghangatkan tubuh dan juga mengenyangkan. Terbersit untuk buat teh... "Ahhh, tehmerah  mah biasa", pikir saya. Atau buat kopi campur susu. "Saya bukan penikmat kopi, kalau susu sih iya", ucap saya dalam hati.

Ahaaa... reflek aja nih tangan ngambil panci, jerang air. Gak banyak-banyak amat sih saya mau buat. Muncul begitu saja di pagi yang dingin dan masih ingin menarik selimut tebal itu. 

Panci sudah saya isi dengan air 300 ml, kompor pun sudah saya nyalakan, dua bungkus  teh kantong sudah saya masukkan untuk direbus sekaligus. Sembari menunggu mendidih, susu kental manis sudah saya taruh di sebelah kompor sebanyak 250 ml. Cangkir stainles steel pun sudah saya siapkan. Ukuran cangkirnya pun tak terlalu besar. 

Eeeh, air dengan teh kantong sudah mendidih. Segera juga saya matikan kompor. Dalam keadaan panas, susu saya tuang dan diaduk. Terbentuk larutan berwarna kecokelatan. Cangkir stainles steel saya pakai untuk mengangkat larutan teh dan susu relatif tinggi ke atas, kemudian larutan kembali saya tuangkan ke panci. Secara berulang-ulang saya lakukan. Hal itu tak lain untuk menghasilkan busa dari perpaduan teh dan susu yang saya "tarik-tarik". Dan terbentuklah apa yang saya inginkan, Teh Tarik. 

Dengan penuh kemesraaan dan kelembutan saya tuang ke dalam gelas-gelas kasih sayang untuk anak-anak dan istri tercinta. Hmmm... aromanya pun menyebar hingga ke lantai atas rumah. "Bukan main", pikir saya. Teh Tarik ini mampu membangunkan mereka yang tidur pulas. 

Ya, Teh Tarik Kemesraan dan Sajian Kentang Telor Panggang Buru-Buru itu dengan senang hati menemani keluarga saya sarapan.  

Bersyukurnya saya, karena susu dan teh yang saya beli langsung dari honestbee. Tempat belanja online yang hemat, cepat, dan ga menguras kantong. Honestbee mampu memenuhi kebutuhan yang saya inginkan. Dalam keadaan sesibuk apapun saya, belanja masih dapat saya lakukan kapan dan di mana saja tak dibatasi ruang dan waktu. Last but not least...  terima kasih honestbee yang sudah meringankan pekerjaan belanja saya. 

Resep Teh Tarik Kemesraan

Alat dan Bahan
Teh kantong 2 buah
Air 300 ml
Susu kental manis putih 250 ml
Panci untuk merebus
Cangkir stainles steel untuk menarik dan mengaduk larutan

Cara buat
1. Rebus air dan teh sekaligus hingga mendidih dan mengeluarkan warna kemerahan
2. Matikan kompor. Dalam keadaan panas, tuang susu, aduk dengan cangkir stainles steel
3. Tarik ke atas larutan dan tuangkan kembali ke panci, lakukan dengan hati-hati dan cepat secara berulang-ulang hingga menghasilkan busa.
4. Teh tarik siap disajikan. Minum dalam keadaan hangat atau dingin tetap nikmat.










Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

5 comments:

  1. Wahh.. Samaaa, sy juga suka minum teh tarik anget, perpaduan susu dan teh yang khas, bikin rileks. Tapi biasanya beli yg kmasan tinggal seduh. Tp next mau coba racik sendiri deh, thanks sharingnya chef.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip... Memang banyak yang instant sekarang. Tapi kita tidak tahu kandungan apa saja di dalamnya. Apalagi gulanya. Nah, dengan racikan sendiri kita tahu sehat dan mengontrol asupan gula. Selamat meracik Mba Novi.

      Delete
    2. Siip... Memang banyak yang instant sekarang. Tapi kita tidak tahu kandungan apa saja di dalamnya. Apalagi gulanya. Nah, dengan racikan sendiri kita tahu sehat dan mengontrol asupan gula. Selamat meracik Mba Novi.

      Delete
  2. Ada yg blong mas jun ktnya susu ngga boleh d campur teh,,, ya,, tapi kalau takaran pas n gk terlalu sering boleh jg x ya

    ReplyDelete
  3. Aku suka teh tareeekkk.. Dah pernah buat pun

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Sila tinggalkan komentar Anda jika berkenan. Terima kasih.