Setangkai Cerita Kue dari India: Apem Kenangan

Resep Dapur Ayah punya cerita tentang kue Apem ini saat tinggal di Jambi bersama kedua orang tua. Ibu saya termasuk orang yang tak pernah tinggal diam alias ogah berpangku tangan. Ada saja yang dikerjakannya. Saya pun begitu. Dulu waktu sekolah yang namanya minta uang beli buku, harus jauh-jauh hari. Boleh dibilang hampir tidak pernah jajan.  Ya, bapak saya pegawai negeri biasa yang harus menyekolahkan keenam anaknya dan semuanya perlu biaya. Untuk itulah Ibu yang hanya Ibu rumah tangga biasa, harus putar otak untuk cari tambahan.

Kue Apam/Apem
Foto: Dok. ResepDapurAyah
Ibu, memang sejak masih gadisnya punya keahlian memasak, baik makanan berat maupun makanan ringan seperti kue basah dan kering. Menjelang malam, saya, kakak pertama, dan Ibu buka warung jual pisang goreng, kue pastel isi kacang tanah, kumbu (di Jakarta dikenal Gandasturi), Apem, dan kue-kue lainnya.

Alhamdulillah, tak sampai tengah malam semua habis terjual. Lumayan ada untung bisa ditabung dan bisa belanja bahan lagi. Esok pagi harinya pun masih harus saya sambung berjualan kue tampah aneka rupa keliling kampung. Keluar selepas salat subuh saat udara masih dingin-dinginnya. Di aneka kue tampah yang saya junjung itu, tetap terselip kue kesukaan saya, Apem.  

Biasa saya mengeluarkan suara yang lumayan kencang di subuh itu, “Kueeeee… Kueeee… Roti kukus, pisang goreng, kue apem…”. Juga saya  keluarkan suara dengan tak menyebut jenis-jenis makanan itu tadi, sekadar mengeluarkan suara, “kueeeee…..”. Ga tau ya, gak terbersit rasa malu untuk saya jualan kue kalau pun bertemu orang atau teman yang saya kenal. Bukan karena kepepet perlu uang sehingga rasa malu saya abaikan. Bukan hanya mengisi waktu luang saja yang kebetulan sekolah SMP di sore hari. Tapi, niat saya untuk cari uang sambil sekolah kesampaian.

Nah, di tengah-tengah sedang jajakin dagangan, calon pembeli pertama memanggil saya dan gegas saya hampiri. Belilah pembeli pertama yang lumayan banyak. Saya lanjutkan perjalanan ngider lagi. Pembeli kedua pun panggil saya. Rumah dan tempat saya meletakkan tampah kue sekitar 10 meter. Pembeli kedua minta dibungkuskan, pisang goreng, roti kukus, pastel, dan beberapa apem.

Selesai bungkus saya ngacir ke rumah pembeli, tapi sebelumnya saya tutup dagangan di tampah dengan plastik dan daun pisang. Santailah saya berjalan ke rumah pembeli itu. Selesai kasih bungkusan dagangan, baliklah saya ke dagangan. Kageeet bukan kepalang! Saya taruh dagangan di dekat pos siskamling, sudah ditutup plastik dan daun pisang, tapiiiiii… satu pasukan ayam (induk ayam dan sepuluh anaknya, saya masih inget banget) datang menerjang dan mencakar-cakar itu kue apem dan teman-temannya. 

Ya Tuhan, dalam hati ngomong, “Ini dagangan masih banyak, mau bilang apa ke Ibu ya?” Waktu itu masih pukul 5.30 pagi.  Tanpa kenal ampun itu pasukan ayam mengobrak-abrik dagangan saya. Saya ikhlaskan saja apa yang sudah dipatokin mereka. Itu rezeki ayam di menjelang subuh berakhir. Pulang deh saya ke rumah gak melanjutkan dagangan. Ya, saya sampaikan  ke Ibu apa yang terjadi. Ibu saya hanya berucap hampir sama seperti yang saya ucapkan dalam hati, “Itu rezekinya ayam di subuh buta”, ucapnya.

“Saya belajar mengikhlaskan dan di dalam rezeki kita ada punya yang lain. Sedekah jangan lupa.” Itu pelajaran hingga hari ini yang tetap lekat dalam ingatan.

Eiitss Resep Dapur Ayah jadi panjang cerita deh. Nah, mungkin banyak yang mengira kalau kue apem asli dari Indonesia. Saya telusuri lebih jauh, ahaaa… jangan sedih ya, ternyata kue ini berasal dari India. Apam ini sejenis pancake, dibuat dengan cara fermentasi adonan beras, santan, dan gula. Ini menjadi makanan yang sangat umum di Kerala, Sri Lanka, juga Tamil Nadu. Biasanya dimakan untuk sarapan pagi juga untuk makan  malam.

Nah, untuk mengenang Kue Apem ini, Resep Dapur Ayah buat tanpa pewarna.

Bahan

Tepung beras 500 gr
Tape singkong 400 gram
Ragi instant 3 sdt
Gula pasir 200 gram
Air hangat 250 ml

Cara buat

1.    Haluskan tape bersama air, kemudian saring.
2.    Masukkan  gula pasir, ragi instant, dan tepung beras sambil diaduk-aduk hingga rata tanpa ada bulir tepung yang tertinggal.
3.    Tutup dengan plastik wrapping, dan diamkan 1.5-2 jam hingga adonan mengembang.
4.    Ambil adonan dan aduk-aduk kembali hingga rata.
5.    Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak.
6.    Kukus hingga matang lebih kurang 15-20 menit.
7.    Angkat, taburi dengan parutan kelapa setengah tua atau parutan keju.

Resep Dapur Ayah mengganti parutan kelapa dengan parutan keju.
Silakan Ayah bereksperimen, semoga berhasil yaa... Semangat!



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

6 comments:

  1. Itu kue apem kok penampakan nya kaya kue putu ya, cuma beda warna ijo sama kuning aja

    ReplyDelete
  2. Cerita masa kecilnya manis sekali. Seneng bacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mba IMA... alhamdulillah kalau Mba seneng bacanya. Hehehe

      Delete
  3. Novel kehidupan, sukaak bacanya. Untung sudah Bunda share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah buuun... hehehe, terima kasih ya Bun @INTAN udah ngeshare.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung. Sila tinggalkan komentar Anda jika berkenan. Terima kasih.