Rahasia di Balik Dapur Ayah: Teh Serai Jahe

Indonesia menjadi surga dunia untuk negara-negara luar. Mengapa? Karena di negara ini segala rempah ada. Itulah sebabnya Belanda enggan meninggalkan negeri yang Gemah Ripah Loh Jinawi ini. Begitu banyak jenis-jenis rempah yang dihasilkan terkenal hingga mancanegara.

Teh Serai Jahe ala Resep Dapur Ayah
Foto: Dok. Resep Dapur Ayah
Banyak yang diolah menjadi beragam bumbu kue dan masakan, termasuk pula dibuat minuman, seperti jahe serbuk. Nah, kali ini, Resep Dapur Ayah membuat minuman penghangat badan, penguat daya tahan, dan mencegah flu berkepanjangan dari rempah-rempah asli Indonesia, yaitu Teh Serai Jahe.

Jahe sebagai tanaman rimpang punya cukup banyak manfaat, terutama jahe merah. Jahe merah, lebih terasa hangat di badan dan tenggorokan dibanding jahe kuning (biasa). Aromanya pun lebih kuat. Bernama latin Zingiber officinale var rubrum. Di dalam jahe merah terdapat minyak atsiri dan kandungan lainnya. Nah, minyak atsiri inilah yang mampu membangkitkan selera dan mencegah ragam penyakit serta kandungan lainnya.

Begitu pula serai. Serai termasuk bumbu rempah dari keluarga Poaceae (rumput-rumputan). Memiliki nama ilmiah Cymbopogon citratus yang berasal dari Sri Lanka dan Selatan India. Tak hanya di Indonesia, di Thailand, Vietnam, Kamboja, juga Malaysia, serai menjadi bahan masakan paling populer. Sementara itu, di Benua Afrika dan Amerika, serai dipakai untuk obat dan kuliner.

Kali ini, Resep Dapur Ayah buat minuman dari kedua rempah tersebut yang sangat mudah dan cepat.

Bahan
Serai 2 batang potong-potong sesuai selera atau bisa juga digeprek
Jahe merah 3 ruas jari, bakar terlebih dahulu lantas di geprek
Air  500 ml
The celup 1 bungkus
Gula batu secukupnya

Cara buat
Rebus air hingga mendidih
Masukkan semua bahan
Terakhir masukan teh celup hingga sesuai warna yang diinginkan
Tutup rapat agar aroma jahe dan serai tetap melekat
Hidangkan selagi hangat.


Ki-Ka: Jahe Merah dan Serai
Foto: Dok. http://daunbuah.com/ & https://ecs7.tokopedia.net

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Sila tinggalkan komentar Anda jika berkenan. Terima kasih.