Puding Jagung

Wah, kalau ngebayangin puding gak akan ada habisnya ya… Banyak banget varian puding di negeri ini. Bayangkan saja, beragam bahan dapat diolah jadi puding yang enak dan lezat. Sayuran pun di tangan-tangan kreatif dapat diubah menjadi puding yang mengasyikan, mengenakkan, dan menyehatkan.

Puding Jagung
Foto: Dok. Resep Dapur Ayah
Begitu pula dengan buah. Beragam buah pu  dapat diolah jadi aneka makanan berupa puding yang mengenakkan, menyehatkan, dan mengenyangkan. Jagung (Zea mays) salah satunya. Banyak jenis makanan yang dapat diolah dari bahan dasar jagung. Sementara, kulit jagung pun dapat digunakan sebagai pembungkus, selain daun pisang.

Jagung menjadi salah satu tanaman yang terpenting di dunia sebagai penghasil karbohidrat,, selain padi dan gandum. Jagung dapat diolah menjadi minyak nabati berupa minyak jagung, juga sebagai tepung jagung atau maizena.

Derivat jagung juga banyak lho ternyata, dapat dibuat beragam bahan baku industri farmasi, kimia, juga kosmetika. Nah, sebagaimana kita ketahui, jagung yang diambil dari biji-bijiannya (grains). Biji jagung itu tadi dapat dibuat nasi jagung yang manis dan juga mengenyangkan. Sementara, pecahan dari jagung yang sangat populer di Amerika diolah menjadi corn flake, sebagai bahan makanan untuk sarapan.

Di salah satu wilayah di Indonesia, Jawa Timur tepatnya di Pulau Madura, masyarakat di sana banyak mengonsumsi nasi jagung. Baik jagung murni yang dipecah maupun jagung yang dipecah dicampur beras lantas di tanak menjadi nasi jagung. Nah, kalau biji utuh jagung baik yang masih di tongkol maupun yang sudah dipipil dapat diolah menjadi makanan.

Jagung yang masih ditongkol dapat direbus dan langsung dimakan. Baby corn yang masih kecil dan muda dapat diolah menjadi sop, beragam panganan lain untuk campuran capcay, dan sebagainya. Sedangkan biji jagung yang sudah dikeringkan dapat diolah menjadi popcorn atau juga marning seperti di Jawa Tengah. Dari jagung ini juga dapat dibuat varian baru lho dengan nama brondong jagung.

Nah Ayah, untuk buat puding jagung ini RDA belanja kebutuhannya di honestbee lho. Nah, berikut langkah yang sangat simpel untuk memasang aplikasi honestbee di gawai atau perangkat yang dimiliki. Yuk kita kulik langkah-langkah  belanja di honestbee.

1.    Jika pengguna android, buka google play store, browsing honestbee.
2.    Unduh aplikasi, biarkan hingga selesai dan pasang.
3.    Masukkan data diri, alamat, nomor telepon, dan email secara benar. Hal ini untuk pengiriman belanjaan yang dipesan.
4.    Siap untuk berbelanjang sesuai kebutuhan yang ingin dibeli.

Jika pengguna iOS, masuk ke Apps store dan keti honestbee. Langkah selanjutnya sama dengan di Android. Akan tetapi jangan heran atau kaget, tampilan di iOS relatif sedikit berbeda dengan di Android.

Hanya beberapa bahan saja kok untuk membuat puding jagung ini sebagai makanan siang penutup untuk Ayah, yaitu jagung manis, tepung maizena, gula pasir, telur, dan santan. Nah, untuk masaknya cukup mudah. Eits, tapi perlu RDA persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Puding Jagung
Bahan
Jagung manis 1 buah dipisahkan (sisir) dari tongkolnya
Gula pasir 150 gr
Garam ½ sdt
Santan kelapa 200 ml atau bisa diganti susu cair
Telur tiga buah
Vanili bubuk ½ sdt
Tepung maizena 2 sdm
Dandang untuk mengukus

Cara buat
1.    Masukkan semua bahan ke dalam blender, haluskan.
2.    Nyalakan kompor dan letakkan kukusan di atasnya, jerang  hingga mendidih
3.    Tuang adonan ke dalam cetakan atau gelas tahan panas ¾ dari bagian wadah
4.    Kukus sekitar 20 menit dengan api sedang hingga matang
5.    Dapat ditambahkan di atasnya parutan keju atau irisan beragam buah matang juga  cream.
6.    Sajikan

#MasakJadiMudah

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Sila tinggalkan komentar Anda jika berkenan. Terima kasih.