Rahasia di Balik Dapur Ayah: Tongkol Rica ala Resep Dapur Ayah

Hmm… orang Indonesia itu kalau makan tidak ada rasa nyelekit di dalam mulut, rasanya kurang pas. Ya, jika makan tak ada sambal rasanya ada yang kurang. Meski harga cabai saat ini sedang melambung tinggi, tetapi tidak mengurangi selera makan Ayah dan keluarga, kan?

Tongkol Rica ala Resep Dapur Ayah
Foto: Dok. Resep Dapur Ayah
Pedas, selain melekat erat untuk orang Asia khususnya Indonesia, juga identik dengan rasa. Rasa pedas mampu membangkitkan selera. Di beberapa tempat saat saya menjajal Tuna, Cakalang, atau Tongkol Rica-Rica, rasanya tidak seperti yang saya bayangkan. Tidak nampol di mulut saya.

Ayah jangan salah, Tuna, Cakalang, dan Tongkol itu dari jenis ikan berbeda lho yaa… Ayah harus tahu juga perbedaan dari ketiganya. Tuna mirip Tongkol. Tongkol sebagai jenis lain dari Tuna. Nah, sementara Cakalang masuk juga sebagai Tuna. Dalam literatur bahasa Inggris disebut sebagai Skipjack Tuna.

Tuna terdiri dari beberapa spesies masuk ke dalam famili Scombridae dari marga Thunnus. Tubuh Tuna mirip Torpedo, sedikit pipih di sisinya dan moncongnya runcing. Sementara, Cakalang berbeda ya sama Tongkol. Akan tetapi masih satu famili dengan ikan tuna. Tongkol berwarna lebih gelap dari cakalang dan agak langsing. Sementara, Tuna lebih besar. Tekstur daging ketiganya hampir mirip tetapi rasanya berbeda.

Nah, kali ini saya sebagai Ayah ingin  menyajikan makanan khas dari Sulawesi ini dengan ala Resep Dapur Ayah, Tongkol Rica-Rica. Makanan ini memberikan sensasi tersendiri di lidah Ayah lhoo… Betapa tidak, jangan-jangan Ayah bisa nambah makan berkali-kali karena rasa Tongkol yang lekker berpadu sambal.

Bahan
1.    Tongkol suwir 500 gr (dapat beli di pasar tradisional)
2.    Daun Jeruk 6 lembar (robek-robek)
3.    Serai dimemarkan 2 batang
4.    Garam 1.5 sdt
5.    Gula 1 sdm
6.    Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bahan yang dihaluskan
1.    Cabe merah keriting 20 biji
2.    Cabe rawit merah 15 biji
3.    Bawang merah 10 siung
4.    Bawang putih 5 siung

Cara membuat

1.    Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, aduk hingga harum
2.    Setelah semua bumbu harum, tambahkan gula dan garam, aduk sebentar, masukkan tongkol suwir, aduk-aduk hingga tercampur rata. Siap dihidangkan.

Ikan Tongkol atau di beberapa daerah disebut Ikan Kayu
Foto: Dok. http://static.republika.co.id/







Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

1 comments:

  1. Pedes berasa nikmat. Antara mau minum dan nambah nasi hangat lagi.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Sila tinggalkan komentar Anda jika berkenan. Terima kasih.