Rahasia di Balik Dapur Ayah: Bubur Pisang Keju

Banyak ragam bubur yang sering saya jumpai. Dari sisi rasa ada yang enak ada juga yang biasa-biasa saja. Aneka bahan utama bisa dimasukan untuk membuat bubur. Kalau selama ini makan bubur itu-itu saja, kali ini Resep Dapur Ayah mau buat bubur lain dari yang lain. Apa itu? Ya, bubur pisang.

Bubur Pisang Uli
Foto: Dok. Resep Dapur Ayah
Di negara kita banyak sekali terdapat jenis pisang. Ada pisang Ambon, pisang Kepok (batu), pisang Emas, pisang Susu, pisang Raja, pisang Uli (lilin biasa disebut di Sumatera), dan sebagainya. Olahan pisang pun banyak sekali jenisnya. Bisa dibuat bolu, keripik, sale, dan yang paling terkenal adalah pisang goreng juga minuman.

Nama ilmiah pisang yang biasa dipakai adalah Musa acuminata, Musa balbisiana. Buah pisang memiliki warna bisa hijau, kuning, merah, ungu, dan kecokelatan saat matang. Buahnya tumbuh dalam kelopak yang menggantung dari atas tanaman. Hampir semua dapat dimakan (partenokarpik = tanpa biji). Daging pisang yang matang cukup lembut dan mengandung banyak pati.

Nah, Resep Dapur Ayah ingin mengolah pisang dari yang biasa-biasa saja menjadi sesuatu yang luar biasa. Ayah ingin mengubahnya menjadi bubur pisang yang lembut dan dapat disantap semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Kali ini Ayah menggunakan pisang Uli. Pisang Uli yang matang mengeluarkan aroma wangi dan enak. Ketika diolah akan mengalami perubahan warna menjadi kecokelatan. Nah, mau tahu kan bahan-bahannya apa saja untuk membuat bubur pisang? Yuk, kita mulai.

Bahan
1.    Pisang Uli 1 sisir
2.    Gula Jawa 200 gram
3.    Garam 1 sdt
4.    Air 500 mili liter
5.    Tepung maizena 3 sendok makan (cairkan)
6.    Tepung kanji 2 sendok makan (cairkan)
7.    Daun pandan 2 lembar (robek)
8.    Keju parut secukupnya
9.    Santan bubuk Sasa secukupnya

Cara buat
1.    Kupas pisang, tekan-tekan dengan sendok agar sedikit hancur
2.    Rebus air bersama gula jawa dan pandan, saring
3.    Rebus kembali air saringan gula jawa dan pandan, tambahkan garam, dan masukkan pisang, aduk-aduk hingga pisang matang dan berubah warna
4.    Setelah pisang matang, aduk cepat campuran kanji dan maizena lalu tuang ke dalam bubur hingga mengental.
5.    Sajikan dengan siraman santan bubuk Sasa dan keju parut dalam keadaan hangat.

Selamat menikmati Ayah beserta keluarga. 

NB: Selain pisang Uli, pisang Kepo, pisang Raja, pisang Barangan, dan jenis pisang dengan tekstur yang agak keras ketika matang, dapat dijadikan bubur pisang. 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung. Sila tinggalkan komentar Anda jika berkenan. Terima kasih.